Renungan Harian Anak KIDZ

Building a Divine Generation

Tipu Daya Iblis: Penampilan

Ketika ratu negeri Syeba melihat segala hikmat Salomo dan rumah yang telah didirikannya, makanan di mejanya, cara duduk pegawai-pegawainya, cara pelayan-pelayannya melayani dan berpakaian, minumannya dan korban bakaran yang biasa dipersembahkannya di rumah TUHAN, maka tercenganglah ratu itu.
I Raja-raja 10:5-6

Tren fashion saat ini bukan hanya diikuti anak perempuan, na-mun laki-laki juga. Kidzters juga pasti tahu fashion yang sedang trendy. Ketika sedang beribadah, seringkali gereja seakan dijadikan panggung busana untuk memamerkan diri, baik dari bentuk pakai-an maupun perhiasan yang mewah. Sebagai anak Tuhan, memang kita harus menjaga penampilan kita agar tetap rapi dan sopan dan tetap terlihat bagus. Namun jangan karena sedang trendy, kita pa-kai saja tanpa melihat apakah itu cocok buat kita atau malah sa-ngat terbuka dan kurang sopan.

Bukan hanya cara berpakaian, namun juga cara jalan, duduk, berbicara dan lainnya harus memuliakan Tuhan. Kidzters, mari kita belajar untuk lebih menghormati Tuhan dengan menjaga tubuh kita dan penampilan kita, bukan hanya ketika ke gereja saja namun di dalam setiap kesempatan.

Doa: Bapa, bantu aku menghormati dan memuliakan Engkau dengan penampilan dan sikap tubuhku. Dalam nama Yesus. Amin.

Tinggalkan komentar »

Tipu Daya Iblis: Tokoh Idola

 Ialah kepala tubuh, yaitu jemaat. Ialah yang sulung, yang pertama bangkit dari antara orang mati, sehingga Ia yang lebih utama dalam segala sesuatu.
Kolose 1:15-18

Menyenangi seseorang karena kagum akan kelebihannya dan menjadi teladan bagi kita adalah wajar. Kidzters juga pasti memiliki tokoh yang diidolakan. Ada yang mengido-lakan orangtuanya, guru, artis, atlet olahraga, penyanyi dan lainnya. Asalkan masih dalam tahap yang wajar dan mem-bawa manfaat, itu baik karena dapat memberi motivasi.

Namun Iblis dapat menipu kita untuk mendewakan tokoh pujaan kita, seakan itu adalah hal yang baik karena semua orang juga melakukannya. Sehingga segala sesuatu tentang orang itu harus kita ketahui atau kita miliki. Bila tidak, kita menjadi kurang bersemangat, kehilangan sukacita. Bila sese-orang sudah kita idolakan sampai sebagian besar waktu kita adalah untuk orang tersebut, maka dia sudah menjadi ber-hala dalam hidup kita, itu pekerjaan Iblis. Kidzters, utamakan Tuhan dalam hidup, bukan tokoh idola.

Doa: Bapa, biarlah hanya Engkau saja yang menjadi idolaku dan paling utama di dalam hidupku. Dalam nama Yesus. Amin.

Tinggalkan komentar »

Tipu Daya Iblis: Bacaan

Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.
Amsal 4:23

Wah, wah ada-ada saja ya ulah si Dodi. Karena kegemarannya membaca komik sampai harus mencuri-curi baca di kelas. Apakah Kidzters pernah melakukan hal yang serupa? Mungkin membaca komik, novel atau teka-teki? Bukankah itu sama dengan mencuri atau korupsi?  Di saat seharusnya kita belajar malah membaca komik atau novel.

Kidzters, kita perlu menguasai diri dalam segala hal. Membaca memang baik, namun perlu diperhatikan apa yang kita baca dan juga kapan kita memba-canya. Kita bisa menghabiskan waktu sangat lama membaca buku cerita, namun berapa lama yang kita berikan untuk membaca firman Tuhan. Ingat, apa yang kita baca pasti mempengaruhi cara pandang dan pikir kita. Bila kita terlalu ba-nyak membaca komik dan novel, apalagi dengan cerita yang tidak bermanfaat, maka pikiran kita juga akan tumpul dan dapat dikuasai Iblis. Berhikmatlah memilih bacaan.

Doa: Roh Kudus, kuasai hati dan pikiranku dengan firmanMu. Biar aku mengisi pikiranku dengan kebenaranMu. Dalam nama Yesus. Amin

Tinggalkan komentar »

Tipu Daya Iblis: Internet

Akan tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, bangunlah dirimu sendiri di atas dasar imanmu yang paling suci dan berdoalah dalam Roh Kudus.
Yudas 1:20

Siapa sih yang nggak kenal internet? Kidzters yang masih SD saja pasti sering menggunakannya. Di internet kita dapat belajar hal hal yang belum pernah kita ketahui sebelumnya. Berita ter-baru tersaji dalam hitungan menit. Yup! Internet memang mem-bantu kita untuk mengetahui perkembangan yang ada di sekitar kita dan banyak pengetahuan yang bisa didapat dari dalamnya. Sangat menyenangkan.

Namun ada juga yang sengaja memenuhinya dengan hal hal yang tidak berkenan kepada Tuhan, seperti pornografi baik film maupun gambar, game kekerasan, tulisan-tulisan yang tidak memuliakan Tuhan. Sehingga Kidzters harus dengan hati-hati berselancar di du-nia maya. Internet bisa digunakan untuk kebaikan, tapi disana juga sangat banyak hal yang jahat. Bangunlah dirimu dengan hal yang benar dan mintalah selalu bimbingan Roh Kudus untuk menjagai kita dari hal yang jahat ketika berinternet.

Doa: Roh Kudus, bimbing aku ketika berinternet agar apa yang aku lihat dan dengar hanya yang memuliakan namaMu. Amin

Tinggalkan komentar »

Tipu Daya Iblis: TV dan Game

Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apapun di bawah langit ada waktunya.

Pengkhotbah 3:1

Menonton televisi dan bermain game sangat seru. Membuat kita merasa santai, bahkan tertantang. Apalagi yang berlangganan TV kabel, pasti lebih seru karena ada sederet acara me-narik 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Banyak program ditayangkan lewat televisi dan game console, ada yang untuk anak, remaja dan dewasa.

Tapi Kidzters perlu menyaring tontonan maupun game seperti apa yang baik untuk dilihat dan dimainkan. Jangan yang mengan-dung kekerasan, tipu musli-hat, balas dendam dan hal hal buruk. Iblis senang menipu kita seakan tayangan atau game ini  tidak berbahaya bagi kita. Mintalah orangtua mendampingi ketika bermain. Tapi juga yang terutama, jangan menghabiskan waktu hanya untuk menonton televisi atau bermain game saja. Sebagai pelajar, tanggung jawab Kidzters adalah belajar. Jangan karena TV dan game, pelajaran jadi terbengkalai. Gunakanlah waktumu dengan bertanggung jawab.

Doa: Tuhan Yesus, berilah hikmat bagiku untuk memilih tontonan dan game yang baik dan memuliakan Engkau. Amin

Tinggalkan komentar »

DAMAI SEJAHTERA

Bacaan: Luk 2 : 14

Kidzters, di sekolah pasti ada teman yang baik dan ada pula yang tidak. Seringkali kita menjadi marah pada teman yang kurang baik ini karena mungkin dia terus menerus mengganggu kita. Masih ingatkah Kidzters pada cerita Josh yang dulu dompetnya diambil oleh Genk Badunk? Jika menjadi Josh, apa yang akan kalian lakukan? Pilihannya hanya ada dua. Tetap marah atau berdamai.

Kidzters, kita sadar kalau kita ini adalah orang berdosa dan butuh pengampunan Tuhan. Sebagai anak-anak yang sudah diampuni kesalahannya, Yesus mau agar kita juga hidup berdamai dengan orang lain. Termasuk orang-orang yang kita benci. Balaslah kejahatan dengan kebaikan. Katakanlah  “ Maaf ” jika kita juga bersalah. Ayo, mulailah hidup berdamai dengan Tuhan dan dengan semua orang. Shalom!

Tinggalkan komentar »

SUKACITA

Bacaan: Nehemia  8 : 11

Kasihan sekali Josh, dia pasti sangat kecewa karena di hari ulang tahunnya dia jatuh sakit. Sungguh menyedihkan ya apabila kita sakit dan harus beristirahat. Banyak kegiatan yang tidak bisa kita lakukan. Tapi tahukah Kidzters bahwa dalam keadaan sakit sekalipun kita masih bisa bersukacita? Lho apa maksudnya?

Kidzters, bersukacita bukan hanya ketika kita melakukan pekerjaan yang mengasyikkan atau mendapat apa yang kita sukai. Sukacita yang sebenarnya hanya bisa kita dapat dari Yesus. Ia akan membantu kita bersyukur atas setiap keadaan, walaupun seringkali itu tidak sesuai harapan. Saat sakit, tubuh menjadi lemah. Dan saat kita lemah, kita membutuhkan pertolongan Tuhan dan juga keluarga. Itu semua mungkin saja tidak kita dapat saat sehat dan merasa kuat. Karena itu Kidzters, di dalam segala sesuatu, BERSUKACITALAH!

Tinggalkan komentar »

KASIH

Bacaan: 1 Yohanes 4 : 7 – 8

Senangnya Josh karena mendapat kesempatan untuk merayakan ulang tahun bersama teman-temannya. Adakah Kidzters yang juga berulang tahun di bulan ini? Kidz ucapkan Selamat ulang tahun ya, Tuhan Yesus memberkatimu!

Kidzters, buah roh yang pertama yang akan kita pelajari adalah kasih. Yesus menginginkan kita agar bisa mengasihi bukan hanya orang-orang yang menyenangkan, tapi juga orang-orang yang sudah membuat kita bersedih ataupun marah. Mengasihi juga bukan karena kita kasihan pada seseorang. Perasaan bisa berubah-ubah. Bisa jadi saat senang, kita mengasihi dan tidak lagi di saat marah. Kita mengasihi juga bukan untuk dikasihi saja. Memang kelihatan berat ya! Tapi percayalah, kalau kita mau belajar mengasihi, itu karena kita sudah memiliki kasih yang Tuhan Yesus berikan. Mari, nyatakanlah kasihmu kepada semua orang. Selamat mengasihi!

Tinggalkan komentar »

Tuhan Mendengar Doa

maka Engkau kiranya mendengar dari sorga doa dan permohonan mereka dan Engkau kiranya memberikan keadilan kepada mereka.

2Taw 6:35

Seorang anak meminta agar mamanya mau membelikan sebuah mainan yang sangat disukainya. Namun mamanya tidak ingin membelikannya karena dianggap anaknya sudah memiliki banyak mainan. Namun si anak tanpa lelah bertanya dan memohon pada mamanya. Seharian terus aja ditanyakan tanpa lelah, bahkan ketika dia terbangun dari tidurnya kalimat pertama yang dikatakannya ialah agar dia bisa dibelikan mainan itu tadi. Mamanya yang melihat keseriuan nya tak kuasa menolak lagi dan si anak akhirnya mendapatkan mainan yang diinginkannya.

Kidzters, seringkali kita tidak sabar dalam menunggu jawaban Tuhan atas doa kita. Namun percayalah bahwa Tuhan kita itu baik. Asalkan apa yang kita doakan itu sesuai dengan yang Tuhan mau, pasti akan dikabulkan. Janganlah berhenti untuk berseru kepada Tuhan dalam doamu. Kita harus dengan tekun berdoa sampai hati Tuhan tergerak untuk mengabulkan keinginan kita. Jangan berhenti berdoa ya.

Doa: Aku bersabar menunggu penggenapan janjiMu, Tuhan. Amin

Tinggalkan komentar »

Tuhan YangKudus

Dan keempat makhluk† itu masing-masing bersayap enam,† sekelilingnya dan di sebelah dalamnya penuh dengan mata,† dan dengan tidak berhenti-hentinya mereka berseru siang dan malam:† “Kudus, kudus, kuduslah* Tuhan Allah, Yang Mahakuasa,† yang sudah ada dan yang ada dan yang akan datang.”

Wahyu 4:8

Adi sedang bermain bola di tengah hujan dengan celana jeans yang sudah robek sana-sini. Tubuhnya penuh lumpur. Ketika dia pulang ternyata mamanya sudah menunggu ingin mengajaknya ke pernikahan saudara. Karena waktu sudah mepet, Adi meminta agar dia tidak usah mandi dan mendobel celana yang baru di atas jeans penuh lumpur tadi. Tentu saja mamanya sangat marah dan menyuruhnya segera mandi dan bergegas.

Kidzters, seringkali kita berpikir dapat tinggal di dalam Tuhan dengan hati yang kotor yang ingin kita samarkan dengan perbuatan baik kita. Padahal Tuhan kita adalah Tuhan yang kudus dan suci dan tidak berkompromi dengan dosa. Tuhan mau kita lepaskan dosa kita, bertobat, kembali pada Tuhan dan hidup di hadiratNya. Dengan demikian kita akan hidup di hadapan Tuhan seperti yang diinginkanNya.

Doa: Tuhan, mari bersihkan hatiku yang kotor agar layak menjadi tempat bagiMu. Amin

Tinggalkan komentar »

Tuhan Juruselamat

“Janganlah takut, sebab Aku telah menebus engkau, Aku telah memanggil engkau dengan namamu, engkau ini kepunyaan-Ku.

Yesaya 3:1

“Susi, tolong ambilkan tas yang lama itu dari gudang ya”, pinta Mama. “Gak mau ah ma.. Aku takut ke gudang sendirian malam-malam begini. Mana gelap banget dan juga mungkin ada tikusnya. Takut ah ma”, kata Susi. “Susi, tidak usah menjadi takut. Tuhan ada menyertai kamu kok. Kalo gelap, ya nyalain lampunya. Kalo memang ada tikus, nanti minta tolong Papa mengusirnya”, kata Mama. “Iya ya Ma. Dipikir-pikir tidak ada alasan untuk menjadi takut. Makasih Tuhan”, kata Susi.

Seringkah Kidzters merasa takut? Takut mau pergi ke suatu tempat, takut akan kegelapan dan takut akan banyak hal lainnya? Tuhan kita adalah Tuhan yang tidak pernah memberikan roh ketakutan. Dia selalu memberikan sukacita bagi anak-anakNya. Bila Kidzters merasa takut, ingatah kembali bahwa Tuhan kita itu penuh kasih dan sukacita. Kita ini kepunyaanNya. Tidak akan dibiarkan menjadi binasa atau terhilang dari hadapanNya.

Doa: Engkaulah keselamatanku, aku tidak takut lagi. Amin

Tinggalkan komentar »

Tuhan Merancang Masa Depanku

Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

Yeremia 29:11

“Kalo kamu besar nanti mau jadi apa, Hanna?”,tanya Bu Nunuk. “Ehmm, saya pengennya sih jadi dokter, Bu. Tapi saya tidak tahu apa saya mampu. Orangtua saya hanya buruh kasar sehingga tidak mungkin mampu menyekolahkan setinggi itu.” “Jangan putus asa, Hanna. Bila Tuhan yang berkehendak, apapun dapat terjadi. Dia merencanakan yang indah bagimu.”, kata Bu Nunuk.

Kidzters, seringkali kita berpikir bahwa masa depan kita tergantung dari apa yang kita miliki atau apa yang tidak kita miliki. Tuhan kita adalah Tuhan yang merancangkan hal-hal yang terbaik bagi anak-anakNya. Janagan pernah berputus asa. Lakukan yang terbaik. Jadilah yang terbaik. Maka Tuhan akan membuka jalan bagimu, di tengah situasi yang kelihatannya tidak ada jalan. Tuhan ingin memberikan hari epan yang penuh pengharapan dan yang tidak mengecewakan bagi kita

Doa: Aku tahu masa depanku aman di tanganMu, Bapa. Amin

Tinggalkan komentar »

Tuhan Yang Menegur

Barangsiapa Kukasihi, ia Kutegor dan Kuhajar; sebab itu relakanlah hatimu dan bertobatlah!

Wahyu 3:19

Jason adalah seorang anak yang suka membantah orangtua dan kakaknya. Ketika ditegur oleh Papanya, dia malah pergi dalam keadaan marah sambil membanting pintu. Dia adalah anak yang sangat pintar sehingga seringkali dia merasa apa yang diperbuatnya itu adalah benar. Dia tidak mau bergaul dengan orang yang dianggapnya kurang pintar. Dia merasa tidak membutuhkan orang lain.

Suatu saat ketika bersepeda, Jason jatuh dan tangan serta kakinya patah. Dalam keadaan yang seperti itu, Jason baru merasakan betapa dia membutuhkan orang lain. Orang tua serta teman-temannya datang untuk membantu dia. Jason mulai berubah. Dia tidak mau sombong lagi karena dia tahu bahwa dia sedang ditegur Tuhan. Kidzters, teguran Tuhan tidak berarti Tuhan tidak sayang pada kita, sebaliknya itu adalah untuk membawa kita ke jalan yang benar.

Doa: Tuhan, terima kasih karena Engkau mengasihiku dan menegurku di waktu aku salah. Amin.

2 Komentar »

Tuhan Pembelaku

Jikalau TUHAN berkenan kepada jalan seseorang, maka musuh orang itupun didamaikan-Nya dengan dia.

Amsal 16:7

Ketika ulangan matematika, Patrick dimintai jawaban oleh Johny, teman baiknya. Dia sangat bingung karena tahu bila itu adalah dosa. Patrick memilih untuk tidak memberi jawaban, dan akhirnya dimusuhi oleh Johny karena dianggap tidak setia kawan. Hampir dua minggu berlalu mereka tidak bertegur sapa. Patrick hanya berdoa terus kepada Tuhan. Suatu hari, ketika perjalanan pulang, Johny mendatanginya dan meminta maaf. Johny sadar bahwa yang salah adalah dia dan mereka berbaikan kembali.

Kidzters, apakah kamu pernah mengalami hal seperti ini. Kamu dimusuhi karena melakukan sesuatu yang benar. Jangan khawatir, Tuhan tahu mana yang benar dan Dia akan membelamu, bahkan musuhmu pun akan diperdamaikan denganmu. Berharaplah kepada Tuhan!

Doa: Tuhan, aku tahu bahwa Engkau adalah pembelaku. Aku tidak perlu takut. Amin.

Tinggalkan komentar »

Allah Yang Cemburu

Sebab TUHAN, Allahmu, adalah api yang menghanguskan, Allah yang cemburu

Ulangan 4:24

“Calviiiiinnn… Ayo lekas belajar, jangan hanya mainan terus”, kata mama. “Iya ma, sebentar lagi. Sedang seru nih gamenya”, jawab Calvin. “Sudah berjam-jam kamu di depan komputer, saatnya belajar. Kamu sudah berdoa dan baca Alkitab belum hari ini?”, tanya mama. “Aduh ma, bosan banget sih. Enakan juga main game”, keluh Calvin.

Kidzters, berapa banyak waktu yang kamu habiskan untuk bermain, atau melakukan kesenangan pribadi? Bandingkan dengan berapa lama yang Kidzters habiskan untuk berdoa dan membaca Alkitab. Mana yang lebih lama? Tuhan kita adalah Tuhan yang cemburu. Dia tidak suka diduakan oleh apapun di dunia ini. Bila kita menghabiskan banyak waktu bermain dan melupakan persekutuan dengan Tuhan, maka Tuhan merasa cemburu. Tuhan ingin agar kita menempatkan Dia sebagai Raja dalam hidup kita, sebagai yang utama dan bukan sisa-sisa

Doa: Aku mau memberikan waktuku bagi kemuliaan Tuhan. Amin

Tinggalkan komentar »

%d blogger menyukai ini: