Renungan Harian Anak KIDZ

Building a Divine Generation

Tuhan Mendengar Doa

maka Engkau kiranya mendengar dari sorga doa dan permohonan mereka dan Engkau kiranya memberikan keadilan kepada mereka.

2Taw 6:35

Seorang anak meminta agar mamanya mau membelikan sebuah mainan yang sangat disukainya. Namun mamanya tidak ingin membelikannya karena dianggap anaknya sudah memiliki banyak mainan. Namun si anak tanpa lelah bertanya dan memohon pada mamanya. Seharian terus aja ditanyakan tanpa lelah, bahkan ketika dia terbangun dari tidurnya kalimat pertama yang dikatakannya ialah agar dia bisa dibelikan mainan itu tadi. Mamanya yang melihat keseriuan nya tak kuasa menolak lagi dan si anak akhirnya mendapatkan mainan yang diinginkannya.

Kidzters, seringkali kita tidak sabar dalam menunggu jawaban Tuhan atas doa kita. Namun percayalah bahwa Tuhan kita itu baik. Asalkan apa yang kita doakan itu sesuai dengan yang Tuhan mau, pasti akan dikabulkan. Janganlah berhenti untuk berseru kepada Tuhan dalam doamu. Kita harus dengan tekun berdoa sampai hati Tuhan tergerak untuk mengabulkan keinginan kita. Jangan berhenti berdoa ya.

Doa: Aku bersabar menunggu penggenapan janjiMu, Tuhan. Amin

Tinggalkan komentar »

Tuhan YangKudus

Dan keempat makhluk† itu masing-masing bersayap enam,† sekelilingnya dan di sebelah dalamnya penuh dengan mata,† dan dengan tidak berhenti-hentinya mereka berseru siang dan malam:† “Kudus, kudus, kuduslah* Tuhan Allah, Yang Mahakuasa,† yang sudah ada dan yang ada dan yang akan datang.”

Wahyu 4:8

Adi sedang bermain bola di tengah hujan dengan celana jeans yang sudah robek sana-sini. Tubuhnya penuh lumpur. Ketika dia pulang ternyata mamanya sudah menunggu ingin mengajaknya ke pernikahan saudara. Karena waktu sudah mepet, Adi meminta agar dia tidak usah mandi dan mendobel celana yang baru di atas jeans penuh lumpur tadi. Tentu saja mamanya sangat marah dan menyuruhnya segera mandi dan bergegas.

Kidzters, seringkali kita berpikir dapat tinggal di dalam Tuhan dengan hati yang kotor yang ingin kita samarkan dengan perbuatan baik kita. Padahal Tuhan kita adalah Tuhan yang kudus dan suci dan tidak berkompromi dengan dosa. Tuhan mau kita lepaskan dosa kita, bertobat, kembali pada Tuhan dan hidup di hadiratNya. Dengan demikian kita akan hidup di hadapan Tuhan seperti yang diinginkanNya.

Doa: Tuhan, mari bersihkan hatiku yang kotor agar layak menjadi tempat bagiMu. Amin

Tinggalkan komentar »

Tuhan Juruselamat

“Janganlah takut, sebab Aku telah menebus engkau, Aku telah memanggil engkau dengan namamu, engkau ini kepunyaan-Ku.

Yesaya 3:1

“Susi, tolong ambilkan tas yang lama itu dari gudang ya”, pinta Mama. “Gak mau ah ma.. Aku takut ke gudang sendirian malam-malam begini. Mana gelap banget dan juga mungkin ada tikusnya. Takut ah ma”, kata Susi. “Susi, tidak usah menjadi takut. Tuhan ada menyertai kamu kok. Kalo gelap, ya nyalain lampunya. Kalo memang ada tikus, nanti minta tolong Papa mengusirnya”, kata Mama. “Iya ya Ma. Dipikir-pikir tidak ada alasan untuk menjadi takut. Makasih Tuhan”, kata Susi.

Seringkah Kidzters merasa takut? Takut mau pergi ke suatu tempat, takut akan kegelapan dan takut akan banyak hal lainnya? Tuhan kita adalah Tuhan yang tidak pernah memberikan roh ketakutan. Dia selalu memberikan sukacita bagi anak-anakNya. Bila Kidzters merasa takut, ingatah kembali bahwa Tuhan kita itu penuh kasih dan sukacita. Kita ini kepunyaanNya. Tidak akan dibiarkan menjadi binasa atau terhilang dari hadapanNya.

Doa: Engkaulah keselamatanku, aku tidak takut lagi. Amin

Tinggalkan komentar »

Tuhan Merancang Masa Depanku

Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

Yeremia 29:11

“Kalo kamu besar nanti mau jadi apa, Hanna?”,tanya Bu Nunuk. “Ehmm, saya pengennya sih jadi dokter, Bu. Tapi saya tidak tahu apa saya mampu. Orangtua saya hanya buruh kasar sehingga tidak mungkin mampu menyekolahkan setinggi itu.” “Jangan putus asa, Hanna. Bila Tuhan yang berkehendak, apapun dapat terjadi. Dia merencanakan yang indah bagimu.”, kata Bu Nunuk.

Kidzters, seringkali kita berpikir bahwa masa depan kita tergantung dari apa yang kita miliki atau apa yang tidak kita miliki. Tuhan kita adalah Tuhan yang merancangkan hal-hal yang terbaik bagi anak-anakNya. Janagan pernah berputus asa. Lakukan yang terbaik. Jadilah yang terbaik. Maka Tuhan akan membuka jalan bagimu, di tengah situasi yang kelihatannya tidak ada jalan. Tuhan ingin memberikan hari epan yang penuh pengharapan dan yang tidak mengecewakan bagi kita

Doa: Aku tahu masa depanku aman di tanganMu, Bapa. Amin

Tinggalkan komentar »

Tuhan Yang Menegur

Barangsiapa Kukasihi, ia Kutegor dan Kuhajar; sebab itu relakanlah hatimu dan bertobatlah!

Wahyu 3:19

Jason adalah seorang anak yang suka membantah orangtua dan kakaknya. Ketika ditegur oleh Papanya, dia malah pergi dalam keadaan marah sambil membanting pintu. Dia adalah anak yang sangat pintar sehingga seringkali dia merasa apa yang diperbuatnya itu adalah benar. Dia tidak mau bergaul dengan orang yang dianggapnya kurang pintar. Dia merasa tidak membutuhkan orang lain.

Suatu saat ketika bersepeda, Jason jatuh dan tangan serta kakinya patah. Dalam keadaan yang seperti itu, Jason baru merasakan betapa dia membutuhkan orang lain. Orang tua serta teman-temannya datang untuk membantu dia. Jason mulai berubah. Dia tidak mau sombong lagi karena dia tahu bahwa dia sedang ditegur Tuhan. Kidzters, teguran Tuhan tidak berarti Tuhan tidak sayang pada kita, sebaliknya itu adalah untuk membawa kita ke jalan yang benar.

Doa: Tuhan, terima kasih karena Engkau mengasihiku dan menegurku di waktu aku salah. Amin.

2 Komentar »

Tuhan Pembelaku

Jikalau TUHAN berkenan kepada jalan seseorang, maka musuh orang itupun didamaikan-Nya dengan dia.

Amsal 16:7

Ketika ulangan matematika, Patrick dimintai jawaban oleh Johny, teman baiknya. Dia sangat bingung karena tahu bila itu adalah dosa. Patrick memilih untuk tidak memberi jawaban, dan akhirnya dimusuhi oleh Johny karena dianggap tidak setia kawan. Hampir dua minggu berlalu mereka tidak bertegur sapa. Patrick hanya berdoa terus kepada Tuhan. Suatu hari, ketika perjalanan pulang, Johny mendatanginya dan meminta maaf. Johny sadar bahwa yang salah adalah dia dan mereka berbaikan kembali.

Kidzters, apakah kamu pernah mengalami hal seperti ini. Kamu dimusuhi karena melakukan sesuatu yang benar. Jangan khawatir, Tuhan tahu mana yang benar dan Dia akan membelamu, bahkan musuhmu pun akan diperdamaikan denganmu. Berharaplah kepada Tuhan!

Doa: Tuhan, aku tahu bahwa Engkau adalah pembelaku. Aku tidak perlu takut. Amin.

Tinggalkan komentar »

Allah Yang Cemburu

Sebab TUHAN, Allahmu, adalah api yang menghanguskan, Allah yang cemburu

Ulangan 4:24

“Calviiiiinnn… Ayo lekas belajar, jangan hanya mainan terus”, kata mama. “Iya ma, sebentar lagi. Sedang seru nih gamenya”, jawab Calvin. “Sudah berjam-jam kamu di depan komputer, saatnya belajar. Kamu sudah berdoa dan baca Alkitab belum hari ini?”, tanya mama. “Aduh ma, bosan banget sih. Enakan juga main game”, keluh Calvin.

Kidzters, berapa banyak waktu yang kamu habiskan untuk bermain, atau melakukan kesenangan pribadi? Bandingkan dengan berapa lama yang Kidzters habiskan untuk berdoa dan membaca Alkitab. Mana yang lebih lama? Tuhan kita adalah Tuhan yang cemburu. Dia tidak suka diduakan oleh apapun di dunia ini. Bila kita menghabiskan banyak waktu bermain dan melupakan persekutuan dengan Tuhan, maka Tuhan merasa cemburu. Tuhan ingin agar kita menempatkan Dia sebagai Raja dalam hidup kita, sebagai yang utama dan bukan sisa-sisa

Doa: Aku mau memberikan waktuku bagi kemuliaan Tuhan. Amin

Tinggalkan komentar »

Tuhan Yang Setia

Sebab itu haruslah kauketahui, bahwa TUHAN, Allahmu, Dialah Allah,† Allah yang setia,† yang memegang perjanjian dan kasih setia-Nya terhadap orang yang kasih kepada-Nya dan berpegang pada perintah-Nya, sampai kepada beribu-ribu keturunan

Ulangan 7:9

“Pa, ingat kan kalau hari ini Papa harus ngantarin aku tanding basket”, tanya Michael. “Aduh, sorry Mike, Papa hari ini lagi banyak urusan dan meeting di kantor”, keluh Papa. “Tapi kan, Papa sudah janji. Ini penting Pa buat aku”, teriak Michael sambil membanting pintu. “Mike… jangan marah gitu dong, Papa janji lain kali pasti Papa antar, O.K”, kata Papa dari balik pintu. “Ga usah, janji Papa gak bisa dipegang”, tangis Michael.

Pernahkah Kidzters mengalami situasi semacam ini? Orang lain mungkin mengecewakan kita dengan janjinya. Kita merasa sangat kecewa dan marah pada orang itu. Namun, Bapa kita yang di sorga adalah Bapa yang setia dan tidak pernah mengingkari janjiNya. Apa saja yang sudah diucapkanNya pasti terjadi karena Dia memegang perjanjianNya dengan orang yang dikasihiNya. Percayalah!

Doa: Terima kasih karena Engkau adalah Tuhan yang setia dalam hidupku. Amin

Tinggalkan komentar »

Kau Penuntun Hidupku

Beginilah firman TUHAN, Penebusmu, Yang Mahakudus, Allah Israel: “Akulah TUHAN, Allahmu, yang mengajar engkau tentang apa yang memberi faedah, yang menuntun engkau di jalan yang harus kautempuh.

Yesaya 48:17

Pernahkah Kidzters melihat traffic light. Yup, benar yang warnanya merah, kuning, dan hijau itu loh. Pasti setiap hari melihatnya di jalan, bukan? Fungsinya adalah agar lalu lintas dapat berjalan dengan tertib. Merah agar kendaraan berhenti, kuning untuk siap siap berhenti dan hijau untuk maju. Bila pengendara mematuhi aturan ini maka lalu lintas akan lancar.

Tuhan kita merupakan penuntun hidup bagi kita. “Traffic light”Nya ada di dalam Alkitab. Di sana ada tertulis tentang apa yang harus kita lakukan, apa yang tidak boleh kita lakukan, bahkan peringatan-peringatan tentang dosa. Bila kita mematuhinya, maka hidup kita lebih teratur dan memuliakan Tuhan. Bila tidak maka hidup menjadi tidak karuan. Jalan Tuhan selalu benar. Ikut yuk!

Doa: Bapa, tuntunanMu selalu baik bagiku. Ajarku mengikutinya selalu. Amin.

Tinggalkan komentar »

Aku Pembawa Damai

Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah.

Matius 5:9

Kita sebagai anak-anak Tuhan, mewarisi sifat-sifat Tuhan yang baik. Tuhan kita adalah sumber dari segala damai sejahtera dan salah satu sifat yang Tuhan ingin kita miliki adalah sebagai pembawa damai. Dunia ini sudah penuh dengan dendam dan permusuhan. Sudah sepatutnya kita membawa damai pada mereka.

Terus bagaimana Kidzters dapat menjadi pembawa damai? Di dalam setiap kesempatan Kidzters dapat bersikap bijaksana dalam berkata-kata dan bertindak. Jangan kasar dan suka ngomong yang tidak benar, karena itu hanya akan membawa pertengkaran. Selain itu bila sudah terjadi suatu masalah, Kidzters bisa berusaha untuk menyelesaikannya dengan baik dan mengampuni orang yang bersalah atau berikan mereka nasihat yang sesuai dengan Firman Tuhan. Tidak usah terus mempertahankan ego kita masing-masing. Damai dengan sesama… Yes!

Doa: Bapa, aku mau membawa damai dalam perkataan dan perbuatanku. Mampukan aku ya Tuhan. Amin

Tinggalkan komentar »

Tuhan Murah Hati

Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati.

Lukas 6:36

“Aduh… kok ada pengemis itu lagi sih?” “Dia kan bau, paling juga uangnya dibelikan rokok”, kata Andi. “Andi, meskipun bagaimana kondisinya, kita harus berbelas kasihan dan bermurah hati”, kata ayahnya pada Andi. “Oh iya Pa, Andi hampir lupa. Murah hati itu kan salah satu sifat Bapa yang harus kita teladani, ya”. “Andi mau ngasih duit ini dulu Pa untuk bapak itu”. Ayahnya hanya tersenyum sambil mengangguk setuju.

Kidzters kemurahan hati atau perbuatan baik kepada orang lain tidak akan pernah sia-sia bila kita melakukannya dengan hati yang tulus. Hendaknya motivasi kita membantu orang lain hanya untuk memuliakan Tuhan. Tuhan sendiri nanti yang akan membalaskan kebaikan kita itu seperti janjiNya di Amsal 19:17. Yuk, bermurah hati!

Doa: Bapa, terima kasih untuk kemurahhatianMu kepadaku. Aku juga mau bermurah hati. Amin

Tinggalkan komentar »

Khawatir? Tuhan Pemelihara

Serahkanlah kuatirmu kepada TUHAN, maka Ia akan memelihara engkau! Tidak untuk selama-lamanya dibiarkan-Nya orang benar itu goyah

Mazmur 55:22

“Aduh, gimana ya kalo aku nggak lulus?” “Aku sudah belajar tapi aku nggak PeDe nih dengan hasilnya”. “Aduh, aku takut ntar papa dan mama marah-marah ngelihat raporku”. “Gimana dong, Tuhan… Aku takut dan khawatir nih!”

Kidzters, apakah kamu pernah merasa takut dan khawatir seperti ini? Kamu merasa sudah melakukan bagianmu dengan baik, tapi hasilnya tidak sesuai dengan yang kamu harapkan, dan akhirnya kamu menjadi khawatir.  Firman Tuhan hari ini mengingatkan agar kita mau menyerahkan semua kekuatiran kita kepada Tuhan karena hanya dia yang dapat memelihara kita. Tetaplah lakukan yang terbaik meskipun hasilnya tidak seperti bayangan.  Do your best and God will do the rest.

Doa: Angkat kuatirku Bapa. Amin

Tinggalkan komentar »

Menempatkan Tuhan pada Posisi Yang Utama

“Jika kamu anggap baik dan jika diperkenankan TUHAN, Allah kita,… Dan baiklah kita memindahkan tabut Allah kita ke tempat kita, sebab pada zaman Saul kita tidak mengindahkannya.”

I Tawarikh 13:1-4

Ketika Daud menjadi raja, maka hal pertama yang dia pikirkan ialah bagaimana agar Tuhan kembali memimpin bangsa Israel. Daud sangat percaya bahwa semua yang sudah dicapainya adalah campur tangan Tuhan. Tabut perjanjian adalah sebuah simbol kehadiran Tuhan bagi bangsa Israel. Oleh karena itu Daud berniat untuk memindahkannya ke Yerusalem, pusat pemerintahannya atas Israel. Daud ingin menempatkan Tuhan sebagai pusat segala keputusan, pengharapan dan sebagainya.

Bagaimana dengan Kidzters? Sudahkah Tuhan Yesus kita tempatkan di tengah-tengah pusat kehidupan kita, yang mempengaruhi semua keputusan kita dan juga pengharapan kita serta membimbing kita untuk berjalan? Sudahkah Ia menjadi sumber utama kehidupan kita?

Doa:  Aku mau menjadikanMu yang terutama dan menjadi pusat kehidupanku Tuhan. Amin

Tinggalkan komentar »

Daud, the King of Israel

Sekaliannya itu, prajurit-prajurit, orang-orang dalam barisan tempur, datang ke Hebron dengan tulus hati untuk mengangkat Daud menjadi raja atas seluruh Israel; memang juga seluruh orang Israel yang lain dengan bulat hati hendak mengangkat Daud menjadi raja.

I Tawarikh 12:38

Setelah menjadi raja atas suku Yehuda saja, suku-suku lainnya di Israel melihat bahwa memang Daud adalah orang yang paling tepat untuk memimpin negeri mereka. Ribuan orang bahkan puluhan ribu orang dari masing masing suku berkumpul kepada Daud dan menjadikan Daud sebagai raja mereka menggantikan Saul. Alkitab mengatakan bahwa mereka datang ke Hebron dengan tulus hati dan juga bulat hati. Sangat lama sekali jarak waktu penggenapan janji Tuhan agar Daud menjadi raja Israel, namun Daud tetap setia menanti dan dia melakukan bagiannya untuk tetap memuliakan Tuhan. Tuhan tidak pernah ingkar janji. Kidzters, ketekunan dalam melakukan bagian kita sambil menanti penggenapan janji Tuhan terkadang sangat berat dan lama. Tapi bila kita tekun dan serius, Tuhan akan buka jalan. Tetaplah setia

Doa: Ajarku untuk setia menanti akan jalanMu. Amin

Tinggalkan komentar »

Berhasil Dalam Segalanya

Daud berhasil di segala perjalanannya, sebab TUHAN menyertai dia. Ketika dilihat Saul, bahwa Daud sangat berhasil, makin takutlah ia kepadanya; tetapi seluruh orang Israel dan orang Yehuda mengasihi Daud, karena ia memimpin segala gerakan mereka

I Samuel 18:14-16

Dalam segala sesuatu yang dilakukan Daud, Tuhan membantu dan membuatnya berhasil. Keberhasilan Daud bukan karena dia adalah orang yang hebat, tapi bila kita memperhatikan dalam Alkitab, Daud selalu bertanya kepada Tuhan ketika dia mau melakukan segala sesuatu dan mentaati apa yang diperintahkan Tuhan baginya. Daud mengandalkan Tuhan dan bersandar pada Tuhan, baik ketika dia menang maupun ketika dia kalah, baik dalam kesukaan maupun dalam kedukaan. Apakah Kidzters mau berhasil dalam segala yang kamu lakukan, dikasihi oleh orang lain yang di sekitarmu serta ditakuti oleh orang yang memusuhimu? Andalkanlah Tuhan dan setialah padaNya. Taatilah segala perintah Tuhan dan biarkan Dia yang menuntun jalanmu. Maka kamu akan disebut berbahagia

Doa: Tuhan, tolong agar aku berhasil dalam segala yang kulakukan karena aku tahu Engkaulah yang menyertai aku. Amin.

Tinggalkan komentar »

%d blogger menyukai ini: